~Siraman

Jam 4 pagi udah bangun…cek2 segala persiapan..dan sempet2nya saya menyapu sisa kotoran pas dekor2..meski langsung diambil alih oleh Budhe ma Mama..makasie….ibu2 ku sayang…

Setelah mandi, perias mulai dateng..tapi yg mulai dirias adek2, papa n mama dulu..khan saya gampang..tinggal pasang kemben doank…udah mulai deg-degan…serasa ga percaya gerbang kehidupan baru mulai dekat…berasa sakit perut juga..pas periasku Ibu Amin manggil buat pasang kemben..ya Allah lancarkanlah segala urusanku ini…mulai deh pasang kemben merahku…hayah…setelah selesai..sambil menunggu jam acara, undangan n persiapan MC kita Bapak Djoko…aku ma adek sempet disuapin ma mama..oh ya malemnya aku bobo ma mama lho…hiks..I love u Mom….biz maem biar ga tegang, fotografer amatiran kita…haha Martha (thanx ya) n fotografer prof kita dari Endah & Co..ambil2 gambar mencoba meredakan ketegangan….n dari Dondong video juga ga kalah…liat Mz.Andrew yg plontos aja dah cukup menghibur kuk (pizz mz VO_oV)


Saat Pak Djoko membuka acara, tinggallah aku seorang diri di kamar (hayah), acara dimulai dengan pemasangan beleketepe oleh Papa n Mama, n pasang padi di kanan kiri beleketepe..tanda ada Hajat di rumah ini…Oh ya sebelumnya Papa n Mama sungkem dulu ke Eyang dari Papa (andai Eyang dari Mama masih ada, beliau dulu sering nanyain kapan aku merit, tapi sayang beliau ga sempet liat langsung cucunya nikah..tapi aku yakin beliau pasti liat dari atas sana..ngomong2 soal eyang putri dari mama ini..setelah kirim doa hari rabu kemaren…kamarnya bau wangi melati banget..mungkin beliau datang berkunjung..)


Setelah acara beleketepe, lanjut acara sungkeman n pamitan…pas dibimbing keluar kamar, air mata rasanya udah ga bisa ditahan lagi..baru duduk simpuh dihadapan papa, mama, eyang  dan mengucapkan salam..udah tumpah…langsung keinget smw..bagaimana papa dan mama besarin dan mendidik aku sejak kecil…saat ngucapin kata demi kata…ga kuat untuk nahan nangis,,,dipuas2in aja nangisnya…ya Allah…makasih papa n mama atas segala perjuangan n pengorbanan untuk Dika…(oh ya buat para calon pengantin…saat acara ini jangan on the text ya…ga usah takut…sgala kata2 itu pasti bakal keluar alamiah dari hati saat kita udah bersimpuh dihadapan orang tua kita)


Setelah sungkeman, saatnya prosesi siraman di mulai…diawali dengan pencampuran air 7 sumber ke dalam kendi..trus kirim air ke calon pengantin pria juga….siraman diawali oleh papa n mama, eyang, kakung n eyang putri (paman mama), budhe walimah, pakdhe choiron, budhe aisyah dan diakhiri oleh Ibu Amin (perias aku)…


Setelah itu, acara bersuci, disini aku wudlu dari air kucuran kendi yang dipegang mama…setelah itu pecah pamor..kendinya di pecah ma papa m mama, tandanya anakku udah mo dipinang orang, ga boleh ada yg ngelirik lagi (hahaha)…


Lanjutt..acara tepas rikmo..rambut kita dipotong dikit ma papa n mama trus ditanem di pojok rumah yang ga diinjek2 orang…


Lha ini yang ditunggu2,,bopongan…untuk terakhir kalinya aku digendong ma papa kaya waktu kecil dulu…wah papaku masih kuat gendong aku…


Setelah itu masuk kamar pengantin…didandani buat acara tumpengan…n papa ma mama lanjut acara dodolan dawet…para tamu eli dawet ini pake uang kereweng (genteng) yang udah kita sediain…”Dawet..dawet….ayo beli….sing dodol ayu, sing tuku ayu2….”, dan aku dikamar dirias keroyokan ama 4 orang….1 orang bagian nyanggul, Bu Amin rias, ada yang bagian kutek kuku, kasih bedak di kaki….hayahhhhh hebohhhhh


Sekarang udah cantik, keluar kamar buat dulangan pungkasan..disini papa n mama suapin aku untuk yang terakhir kalinya….hiks hiks…ntar mudik minta suapin lagi ah….hehehe…n lanjut makan2 dunk….


Udah kenyang, saatnya para tamu siap2 buat rebutan peralatan rumah tangga yang dijual gilang…hohoho ibu2nya heboh smw….baru juga diangkat..udah ditarik….habis seketika…wah good job dek…


Selesai sudah acara siraman…terima kasih atas kehadiran ibu2 sekalian…..


~ by deembem on August 20, 2010.

2 Responses to “~Siraman”

  1. Nice, darling,, aku sampe nangis bacanya..,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: