~TORCH, perlukah?

Seperti pernah diulas sebelumnya bahwa TORCH adalah salah satu item tes yang direkomendasikan untuk premarital check up, dan tes ini sengaja kulewatkan dengan alasan umum..mahal bokkkk…untuk 1 item tes ini saja harganya mencapai 1,5 jt IDR dan aku bukanlah orang penyuka kucing. Tapi beberapa hari ini sempet ragu juga, setelah review hari2ku selama di kostan, dimana banyak sekali kucing yang hilir mudik fashion show kesana kemari, dan tanpa basa basi 2 kali muntah *jijay… pertama di depan kamar sebelah, yg kedua baru beberapa hari yg lalu di tangga, jadi berfikir keras perlu ga ya ambil tes ini (preventif aja seh). Flashback beberapa tahun yang lalu tante aku musti kehilangan anak keduanya karena dinyatakan positif terkena virus toksoplasma, padahal dirumahnya nggak pelihara kucing lho.

Apa seh TORCH itu?? adl serangkaian tes untuk mengindetifikasi adanya parasit virus TOxoplasma, virus Rubella, Cytomegalovirus (CMV), dan virus Herpes. Masing2 ada tes IgM dan IgG nya.

Toxoplasma sering juga disebut dengan virus kucing, sebenarnya karena kucing merupakan hewan berpotensi paling besar pembawa virus tersebut, pada kotoran kucing terdapat berjuta-juta virus tokso. dan meskipun kita tidak pernah kontak langsung dengan kotoran kucing, tapi virus tokso ini bisa menyebar lewat makanan, terutama masakan setengah matang dan kurang terjaga kebersihannya (masakan2 warteg). Orang yang terinfeksi virus ini tampak sehat, dan gejalanya timbul saat hamil, yaitu timbul flek sepanjang kehamilan yang bisa menyebabkan janin tidak berkembang (pada kasus anak tante aku, tengkorak kepala tidak berkembang, naudzubillah), keguguran, autisme, epilepsi dan hamil anggur. virus ini tidak ditularkan oleh dan kepada pasangan tetapi menular secara keturunan.

Rubella, sering disebut Campak Jerman, pada kasus rubella si ibu hamil tidak mengalami keguguran tapi bayi yang lahir mengalami glukoma atau kebutaan, kerusakan pada selaput otak, tuna rungu, bibir sumbing dan sulit bicara

Cyto Megalo Virus, ibu hamil yang terinfeksi virus ini akan mengalami keguguran terus menerus

Herpes, jika tubuh terinfeksi virus ini, akan terbentuk mioma dan sulit hamil

Berbeda dengan toxoplasma, untuk ketiga virus lainnya dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

So, buat temen2 yang berencana mo punya anak atau lagi hamil muda, bisa melakukan tes tersebut, hanya untuk cek kesehatan plus tindakan preventif. Serangkaian tes TORCH tadi bisa diambil secara terpisah ternyata (hihii baru tau juga hasil dari googling) dengan pertimbangan tes nya yg cukup mahal dan tidak cukup dengan sekali tes ternyata, tapi buat yang mampu (duit banyak😉 ) ya alangkah baiknya diambil semua, jadi TORCH dibagi menjadi beberapa tes :

  • Toxoplasma IgG
  • Toxoplasma IgM
  • Rubella IgG
  • Rubella IgM
  • CMV IgG
  • CMV IgM
  • Herpes IgG
  • Herpes IgM

Disini tes IgG dilakukan untuk memeriksa apa tubuh kita DULU pernah terinfeksi virus tersebut atau tidak, sedangkan IgM dilakukan untuk memeriksa apakah SEKARANG tubuh kita terinfeksi virus tersebut atau tidak

N’ cara membaca hasil tes nya :

  • Bila IgG (+) dan IgM (-) berarti anda telah terinfeksi lebih dari setahun yang lalu. Saat ini anda mungkin telah mengembangkan kekebalan terhadap virus tsb.
  • Bila IgG (+) dan IgM juga (+) berarti anda tengah mengalami infeksi dalam 2 tahun terakhir. (mungkin pula ada false pada hasil IgM). Anda harus catat berapa angka IgM tersebut. Selanjutnya anda harus melakukan lagi pemeriksaan IgM (kalau perlu sekalian IgG) setelah 2 minggu dari pemeriksaan pertama. Bila IgM tetap Positif atau malah naik angkanya, berarti anda sedang terinfeksi TORCH.
  • Bila IgG (-) dan IgM (-) berarti anda belum pernah terinfeksi virus TORCH. Pada kondisi ibu hamil, perlu di cek selama 3 bulan sekali

Mungkin aku bakal mengambil tes tersebut, tapi lepasan aja kali ya dan itupun nanti after merit. pokoknya jaga kebersihan aja, kalo bisa makan masakan sendiri (kalo beli di luaran kan nggak tau gimana kebersihannya) n’ tetep berdoa ma Allah SWT.

Note : dari berbagai sumber

~ by deembem on February 12, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: